Understanding Electrophysiological Interventions

  • Mengenal Apa Itu Intervensi Elektrofisiologi

    Seperti dijelaskan sebelumnya, elektrofisiologi adalah tindakan invasif minimal yang ditujukan untuk mengetahui dan mengevaluasi aktivitas listrik di jantung. Tindakan ini terbilang cukup aman dan juga sederhana.

    Teknik pelaksanaan elektrofisiologi ini adalah dengan cara mendengarkan sinyal listrik yang kemudian akan mengidentifikasi bagaimana kondisi aktivitas listrik pada organ jantung seseorang. Dari hasil identifikasi inilah akan diketahui bagaimana kondisi jantung orang tersebut. Fungsi intervensi elektrofisiologi ini adalah lebih banyak untuk mengatasi permasalahan pada irama detak jantung.

    Fungsi Intervensi Elektrofisiologi Pada Jantung

    Secara umum fungsi intervensi elektrofisiologi pada jantung meliputi beberapa hal berikut:

    • Mampu mengidentifikasi adanya penyakit jantung seperti penyumbatan pada jantung.
    • Mengetahui aktivitas listrik jantung, sehingga bisa mendeteksi apabila terjadi kelainan pada irama jantung atau aritmia.
    • Untuk mencari tahu akar permasalahan yang dapat menyebabkan terjadinya aritmia pada pasien.
    • Untuk mengevaluasi apakah tindakan penanganan, terapi maupun pemberian obat sudah tepat atau belum.
    • Apabila pasien mengalami aritmia yang disebabkan oleh kelainan jaringan, maka salah satu fungsi intervensi elektrofisiologi adalah menghancurkan jaringan tersebut dengan memanfaatkan ablasi radio frekuensi atau gelombang radio.

    Untuk mengetahui kesehatan dan kondisi jantung Anda memang disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan jantung setidaknya sekali dalam setahun atau dua kali setahun apabila diketahui ada potensi kelainan atau penyakit jantung. Untuk pemeriksaan jantung rutin Anda dapat mengunjungi Heartology yang ada di kawasan Tebet, Jakarta. Heartology menyediakan layanan pemeriksaan jantung oleh tim dokter berpengalaman, salah satu dokter di Heartology yang memiliki sub spesialisasi di bidang intervensi elektrofisiologi adalah dr Sunu Raharjo , SpJP(K) merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta dan memperoleh gelar PhD-nya dari Kobe University. Ia juga mengambil program postdoctoral fellow Japan Society for the Promotion of Science.

    Itulah beberapa fungsi intervensi elektrofisiologi yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat.

    sumber : https://www.explora.org.in/blogs/1296/1752/various-functions-of-electrophysiological-interventions